Kamis, 27 Juni 2013

Cara Mencegah Stroke Sebelum Tiba

Cegah Stroke Sebelum Tiba

Di indonesia, stroke merupakan “pembunuh” nomor 3 sesudah serangan jantung serta kanker. masalah stroke makin lama jadi tambah banyak serta saat ini banyak menyerang orang-orang yang tetap berumur muda. 

Serangan stroke merupakan ancaman kesehatan yang semakin mewabah di seluruh dunia. di amerika, rata-rata nampak masalah serangan stroke tiap-tiap 45 menit. Dikarenakan bahayanya, organisasi national stroke association di amerika mengkampanyekan gerakan pencegahan. cara di bawah ini dapat kita kerjakan sebagai usaha pencegahan stroke sejak awal.

Pantau Tekanan Darah 
Tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan faktor risiko terbesar yang bisa memunculkan serangan stroke. Angka tekanan darah normal berada pada kisaran 90/60 s/d 119/79mmHg, sedangkan kondisi pra-hipertensi adalah antara 120/80 s/d 139/89mmHg. Yang disebut hipertensi level 1 adalah jika angka tekanan darah mencapai 140/90 s/d 159/99mmHg. Sedangkan, yang disebut hipertensi level 2 adalah jika tekanan darah Anda berada pada angka di atas 160/100mmHg. Untuk memantau tekanan darah Anda, sempatkanlah melakukan tes kesehatan minimal setiap setahun sekali. 

Waspadai Denyut Nadi Tidak Normal 
Denyut nadi tidak normal bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami stroke hingga 500%. Pasalnya, kondisi ini bisa menyebabkan darah berkumpul di satu tempat sehingga menimbulkan hambatan aliran darah yang bisa berujung pada serangan stroke. 

Stop Merokok 
Kebiasaan merokok bisa melipatgandakan risiko serangan stroke. Zat nikotin yang terkandung dalam asap rokok bisa merusak dinding pembuluh darah, meningkatkan tekanan darah, serta memicu munculnya penyumbatan pada pembuluh darah arteri. 

Kontrol Kadar Kolesterol 
Bersamaan dengan melakukan tes tekanan darah, perhatikan pula tingkat kolesterol Anda minimal setahun sekali. Angka kadar kolesterol yang tinggi (lebih dari 200mg/dl) amat berisiko menimbulkan sumbatan berupa plak pada pembuluh darah. Untuk menghindarinya, santaplah jenis makanan yang dapat membantu Anda mengontrol kadar kolesterol, seperti kedelai. Kedelai mengandung senyawa isoflavon dan asam lemak omega-3 yang ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah. 

Lakukan Olahraga Dan Diet 
Olahraga sangat bermanfaat untuk melancarkan dan menghindari penyumbatan pada sistem peredaran darah ke seluruh tubuh. Bersamaan dengan itu, perhatikan pula asupan makanan Anda sehari-hari. Batasi konsumsi kalori, garam, lemak jenuh, biasakan diri menyantap lima porsi sayur dan buah-buahan setiap hari. 

Perhatikan Risiko Diabetes 
Penyandang diabetes memiliki risiko lebih besar mengalami serangan stroke dibandingkan mereka yang sehat. Karenanya, minimalkan risiko diabetes dengan menjaga berat badan seimbang dan menerapkan pola makan sehat seimbang. 

Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Daripada menderita karena stroke, lebih baik lakukan langkah pencegahan di atas demi kesehatan di hari esok. Yuk, mulai dari sekarang!
thumbnail
Judul: Cara Mencegah Stroke Sebelum Tiba
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Kesehatan :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz